Read more: http://www.itv-gear.com/cara-menghilangkan-google-search-image-frame-di-blogspot-wordpress.html#ixzz1xn3PblxG

Kamis, 22 Maret 2012

Cara Membuat Rumus Sederhana pada Flash MX atau 8 AS2

Bagi kalian yang bingung bagaimana bikin rumus matematika sederhana seperti penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian bahkan peng"akar"an, ni gw kasih tutor sederhana (sambil ngerapiin dasi).
Rumus ni gw buat agar user masukin data secara manual.
Jadi misal kalian mw masukin angka 5 ama 6, tu ntar mw dijumlah, dikurang, dibagi, dikali, diakar, maka hasilnya akan keluar. Dengan kata lain kita akan membuat kalkulator sederhana.
sekarang ikuti langkah2 yang gw berikan,
buat kotak input caranya pilih text tool (biasanya gambar A pada flash MX atau 8),
terus pada properties kalau ada tulisan static text atau dinamic text ganti jadi input text. terus jangan lupa isi var dengan a,
kemudian buat input text lagi dengan cara copas input text a tadi, tapi ganti var (awalnya a) jadi b.
kemudian bikin juga dinamic text buat hasilnya, caranya sama kayak bikin input text, tapi ganti propertiesnya jadi dinamic text, jangan lupa lagi isi var dengan c.
 
selanjutnya bikin tombol, lo males bikin tombol ya tinggal ambil aja dari window-common libraries-button, disitu dah banyak pilihan tombol.

lo udah bikin tombol, klik tombol yang udah kalian buat tadi (atau yang udah kalian ambil tadi), kemudian tekan F9, masukin actionnya dengan rumus, misal lo kurang ya,
on(release){
    c = a-b;
}

lo mau rumus bagi
on(release){
    c = a/b;

}

lo mau rumus kali
on(release){
    c = a*b;

}

lo mau rumus akar
on(release){
    c = Math.sqrt(a);

}

sebagai catatan aja, ni menurut pengalaman gw, lo kalian mw bikin rumus penjumlahan harus dikasih ama kata-kata Number kalo kagak bakal aneh jadinya.
on(release){
    c = Number(a)+Number(b);

}
misal: kalian mau bikin 2+5, lo kagak dikasih kata Number kluarnya bakal 25, cz program flash bacanya sebagai string atau text bukan angka, jadi lo mau bikin rumus kasih kata Number(2)+Number(5), dan bimsalabim secara ajaib hasilnya akan 7.
hehe, tu tadi tutor singkat dari gw, lo bingung ama kata2 gw (cz gw jg bingung ma kata2 gw ndiri, hehehehe), ni gw kasih contoh buatan gw DISINI

5 komentar:

  1. kalau mau pakai kuadrat atau diferensial gmna?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sorry baru bales neng
      kalo kuadrat ya hampir sama ama kali cuma rumusnya jangan c=a*b tapi c=a*a
      Kalo diferensial gmn ya??????
      hehe,, gak tau neng :p

      Hapus
    2. kalo ngitung jarak tempuh kak gmn?

      Hapus
    3. Jarak tempuh gmn maksudnya???
      Kecepatan dikali waktu???
      Ya buat aja variabel abcnya diganti kecepatan sama waktu,hehe..

      Hapus
    4. Kenapa ngk bisa ngetik di action script ya?

      Hapus