Read more: http://www.itv-gear.com/cara-menghilangkan-google-search-image-frame-di-blogspot-wordpress.html#ixzz1xn3PblxG

Sabtu, 24 Desember 2011

Tips Bagi Pemula Pecinta Arwana

Tips ini hanya sekedar sepengetahuan gw masalah arwana (hehehe..), awal ini semua dari ketertarikan gw dengan dunia arwana, terus berkat papa dari pacarku (curhat dikit, hehehehe...), gw dikasih arwana silver ukurannya kecil sekitar 8cm, dari situ gw mulai suka ma arwana. (kembali ke tengtop..)
Awalnya gw sempet bingung cz waktu masuk di akuarium gw, ikannya gak mau makan sampek hampir 2 hari, gw sempet khawatir (takut mati). Tapi akhirnya lama kelamaan dia mau makan juga. Jadi buat kalian yang masih awal beli ikan arwana gak usah bingung apa lagi takut ma keanehan tingkah laku ikan arwana kalian.
Biasanya arwana, waktu pertama kali dimasukkan di akuarium baru, dia pasti kayak "mangap2" (mangap=buka mulut), mungkin disini dia lagi berusaha buat adaptasi ama lingkungan barunya. Terus biasanya ikan masih ogah-ogahan buat makan, mungkin dia masih takut, ibarat kalian dalam keadaan kejepit kan nafsu makan kalian bakal hilang, begitu juga dengan ikan arwana.
Tapi biasanya keadaan gini gw kasih vitaminB complex 1-2 butir (tergantung besar akuarium kalian) buat nambah napsu makan. Lo boleh gw saran, vitB complex jangan kasih terlalu banyak, selain bikin air akuarium kalian warnanya kuning juga takutnya airnya jadi tercemar.
Berhubung ni ikan termasuk jenis karnivora, biasanya pada saat pertama2 gw kasih makan ikan kecil (bisa ikan plati/melati atau ikan komet kecil ukuran +2cm), selain ngasih makan ni juga bisa nglatih insting si ikan buat berburu seperti di alam liar, tapi jangan terlalu banyak dikasih makan ikan, cz menurut beberapa artikel yang pernah gw baca, pakan ikan ni bisa bikin mata arwana jadi turun/juling/besar sebelah,ni bakal jadi ikan arwana kita jadi jelek.
Untuk lebih amannya biasanya gw kasih pakan yang bervariasi, selain sebagai suplai nutrisi juga ikannya gak bosen ma pakan itu2 aja, ya.. sama seperti kalian, lo tiap hari dikasih tempe terus kan juga bosen tapi lo diselingi ama pizza ato spageti kan jadi semangat lagi, hehehehe...
Lo gw biasanya variasi ama jangkrik (harganya murah), belalang, kecoa/coro (coro=anak kecoa/kecoa kecil), cicak, kodok/katak/swike, kelabang, ato udang. Tapi biasanya arwana paling suka jangkrik ma cicak. Tapi menurut beberapa artikel dan pengalaman yang gw tau, pakan belalang ma udang itu harus sesekali dikasih, "katanya" buat munculin warna natural dari si ikan cz salah satu keindahan dari ikan ni adalah warnanya.
Lo dikelompokkan berdasarkan warnanya (ni sepengetahuan gw, jadi lo salah maafkan aq, hehehehe...), ni ikan ada 7 jenis warna :
1. Arwana Silver/Brazil
Seperti namanya, ikan ini banyak ditemukan di daerah amazon Brasil dengan ciri ekor yang beda dari arwana Indonesia, ekor arwana ini berbentuk panjang seperti pedang, biasanya warna siripnya agak kemerah-merahan. Ni ikan jenis arwana yang paling murah, harga ukuran + 8 cm sekitar 70ribuan (ni harga terhitung tanggal blog ini diterbitkan, jadi gak tau lagi 3-12 tahun ke depan, hehehehe...)


 (ni gambar ikan arwana silver pertama gw, yang dikasih ama papanya pacar gw hehehe.. ni sekitar usia 3 bulan terhitung sejak nyemplung di akuarium gw, seminggu sebelum gw jual di pasar ikan hias)

2. Arwana Yardini/Jardini/Irian
Seperti kebanyakan orang daerah timur yang mempunyai kulit gelap (maaf bukan bermaksud buat SARA, mohon maaf kalo ada yang tersinggung, hehehehe...) begitu pula dengan ikan ini yang mempunyai warna item semi kuning gold/emas, lo gw liat kayak warna jagung bakar. Ni ikan sebetulnya bukan cuma ada di daerah Papua aja tapi juga ada di sebagian wilayah Australia
3. Arwana Pino
Ni ikan secara fisik gak jauh dari ikan jardini dengan ekor berbentuk diamond dan bandan melebar yang membedakan ikan ni ma ikan jardini adalah warnanya yang kuning.
4. Arwana Red Chili
Meskipun namanya Chili tapi ni ikan bukan dari negara Chili tapi karena warnanya yang kayak merah lombok/cabe, warnanya yang merah semu hijau ini yang bikin ikan ini lumayan mahal.
5. Arwana Red Banjar
Ni salah satu ikan arwana jenis red yang banyak ditemukan di daerah Banjar Kalimantan, makanya ni ikan sering disebut red banjar.
6. Arwana Super Red
Ni salah satu ikan lo boleh gw bilang LUX, cz ni salah satu jenis arwana super fantastis harganya.
7. Arwana Gold
Ni ikan pernah gw liat di tv, lo gak salah waktu acara wawancara di rumahnya tukul, dengan ciri warnanya yang emas, arwana ini juga termasuk jenis arwana LUX, hehehe...
Tu dia tips buat kalian pecinta arawana yang masih begginer kayak gw, hehehehehe...
tapi yang terpenting dari yang penting saat pelihara ni ikan adalah tutup akuarium, cz ni ikan peloncat hebat.
Semoga bermanfaat.. :-)

7 komentar:

  1. Jahat banget sih kamu, jual ikan pemberian papa aq...lo gk usah hubungin gw lagi. Kita PUTUSSS !!!!

    BalasHapus
  2. wkkwkwkkwwkw... ditalak tilu...

    BalasHapus
  3. Tega banget ikan pemberian calon mertua dijual.gak punya uang ya mas.hehe

    BalasHapus
  4. bukan gitu sob, coz udah putus ama si doi, ngahahahahaha...

    BalasHapus
  5. Mas ozhum bisa minta no hp nya saya mau konsultasi tentang arwana

    BalasHapus
  6. Mas ozhum bisa minta no hp nya saya mau konsultasi tentang arwana

    BalasHapus